Yang Perlu Diperhatikan Saat Service Motor Untuk Mudik

mudik dengan motor

Lebaran sebentar lagi, musim mudik segera dimulai. Dari berbagai pilihan jenis kendaraan untuk mudik, motor adalah salah satu yang banyak digunakan oleh para pemudik. Sebenarnya menggunakan motor untuk mudik, khususnya yang menempuh perjalanan jauh tidaklah dianjurkan, karena rawan terjadi kecelakaan, tetapi mudik dengan motor juga sudah menjadi tradisi jutaan orang yang sangat sulit dihilangkan.

Nah bagi pemudik yang menggunakan motor, wajib hukumnya untuk memperhatikan kondisi motor tersebut benar-benar layak dan mampu menempuh perjalanan jauh. Selain itu tentunya harus tetap memperhatikan faktor keselamatan seperti penggunaan peralatan penunjang keselamatan juga mengatur waktu istirahat saat perjalanan.

Nah kembali lagi ke masalah motor. Sebaiknya mulai sekarang sudah dipersiapkan untuk service di bengkel langganan. Kenapa sekarang? Karena kalau kita melakukan service menjelah hari akhir akan banyak antriannya.

Sebaiknya lakukan service menyeluruh, sehingga kondisi kendaraan benar-benar bisa dipercaya untuk mudik. Apa saja yang perlu diperhatikan pada sepeda motor yang akan digunakan untuk mudik?

1. Ban
Selain terkait engine, usahakan juga untuk mengecek kondisi ban, termasuk tekanan angin supaya perjalanan mudik mudah dikendalikan.

2. Busi
Periksa busi, jika perlu diganti baru jika telah menempuh perjalanan lebih dari 8000 Km. Jika sayang untuk mengganti dengan busi baru setidaknya bersihkan dan pastikan nyala apinya baik.

Gak cuma businya, tapi juga tutup busi tersebut diperiksa untuk memastikan masih berfungsi baik dan tidak cacat sehingga bisa mengganggu kinerja busi motor digunakan saat hujan.

3. Rem
Rem memiliki fungsi untuk melakukan perlambatan kendaraan. Periksalah fungsi rem tersebut benar-benar maksimal. Jika dirasa perlu untuk mengganti kampas rem jangan ragu untuk menggantinya.

Selain kampas, cek juga oli rem, handle dan pedal rem. Pastikan semua fungsi mekanis maupun hidrolis berfungsi dengan baik.

4. Lampu
Fungsi lampu adalah sebagai alat penerangan dan pemberi tanda. Kenapa lampu-lampu juga perlu diperhatikan? Karena umumnya perjalanan mudik yang panjang akan dilakukan pada siang ataupun malam yang tentunya butuh penerangan dan juga rider bisa memberi isyarat atau tanda arah kendaraan dengan lampu sein.

5. Rantai atau drive belt
Rantai atau driver belt merupakan alat penggerak yang menghubungkan engine dengan roda belakang sepeda motor. Periksalah setelan dan fungsi rantai masih baik. Jika ranti sudah berisik sebaiknya diganti, begitu juga dengan driver belt pada motor matic. Selain rantai, tentu juga perhatikan gear set. Apakah masih layak dan berfungsi baik?

Banyak juga rupanya yang harus diperhatikan untuk keperluan mudik. Tapi jika secara teratur motor dilakukan perawatan berkala, biasanya tidak akan semua harus diganti bersamaan.

Oli mesin sebaiknya dilakukan penggantian sebelum berangkat, saat sampai dan setelah kita kembali lagi untuk memberi fungsi pelumasan yang baik.- Haimotolink

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *