Tips Memilih Helm Yang Baik

Helm

Helm adalah salah satu perangkat keselamatan yang wajib dan paling banyak digunakan oleh pengendara sepeda motor. Terkait dengan penggunaan dan pemilihan helm, khususnya untuk perjalanan jarak jauh yang memakan waktu lama seperti pada saat mudik, kita perlu memperhatikan berbagai aspek.

Yang perlu jadi bahan pertimbangan kita dalam memilih sebuah helm adalah :

  • Standar SNI
  • Jenis Full Face atau Half Face
  • Model dan corak warna
  • Pengait tali berfungsi baik
  • Ukuran yang sesuai, jangan terlalu besar atau kekecilan

Helm Fullface

Perlu dipertimbangkan juga pemilihan visor sesuai dengan rencana perjalanan kita. Yang bening umumnya akan aman digunakan untuk berkendara sepanjang waktu, karena warna yang natural.

Penggunaan visor agak gelap cenderung nyaman digunakan pada waktu siang yang bisa jadi membuat mata pengendara silau, khususnya saat berlawanan dengan arah sinar matahari.

Untuk mengatasi kedua hal tersebut, ada baiknya mempertimbangkan helm dengan double visor yang umumnya memiliki desain bening dan juga redup pada.

Perlu dipertimbangkan juga memilih helm yang memiliki cukup ventilasi, khususnya untuk jenis full face, sehingga tidak akan terlalu pengap atau panas karena ada sirkulasi udara yang baik.

Demi keselamatan sebaiknya jangan tergoda oleh helm berharga murah, sebab fungsi utama helm sebagai pelindung bagian kepala dari benturan tentunya harus menjadi perhatian serius pengendara sepeda motor.

Jangan gadaikan keselamatan kita dengan memilih helm yang dijual murah, kalau kita tidak yakin dengan kualitasnya.

Lebih baik memilih helm yang sedikit mahal atau yang mahal tetapi kualitasnya baik.- Haimotolink

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *