Tips Berkendara Menggunakan Sepeda Motor

Saat berkendara kita wajib selalu ingat dengan yang namanya safety riding. Selalu memperhatikan aspek keselamatan berkendara. Gak cuma buat kita sebagai driver tapi juga keselamatan sesama pengguna jalan.

Seringkali kita dituntut untuk bisa cepat dan tepat sampai di tempat tujuan. Tempat kerja misalnya, atau suatu lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya, tapi tetap wajib memperhatikan safet riding.

Nah salah satu hal yang perlu diperhatikan terkait safety riding adalah :

Pastikan kendaraan kita siap untuk dipakai. Periksalah fungsi-fungsi rem, lampu utama, lampu sein, klakson, tekanan angin, ban dalam keadaan baik. Dan tentunya bahan bakar cukup untuk menyelesaikan perjalanan yang akan dilakukan.

Gunakan peralaran keselamatan berkendara, seperti helm standar, sarung tangan, masker, jaket dan sepatu. Kalau dirasa perlu gunakan kita bisa menggunakan kupluk helm atau buff agar bagian dalam helm tidak mudah bau karena keringat kepala berlebih.Oh ya selalu masukkan raincoat, ( jangan ponco ) pada daftar perlengkapan yang wajib dibawa.

Kemudian kita juga wajib berkendara dengan baik, patuhi rambu lalu-lintas, jaga jarak kendaraan dengan kendaraan lain, jangan gunakan motor untuk berkendara oleh lebih dari dua orang.

Selalu waspada, karena kejadian tak terduga bisa saja terjadi disepanjang jalur yang kita lalui. Cukupkan istirahat saat berkendara jarak jauh. Jangan paksakan badan dan kendaraan demi mengejar waktu dan kecepatan, karena keduanya memiliki keterbatasan dan tetap butuh istirahat. – Haimotolink  Haimotolink

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *