Sebaiknya Ortu Jangan Mudah Memberikan Motor Pada Anak

Kehadiran sepeda motor untuk pelajar seperti buah simalakama bagi orang tua siswa. Bagimana tidak? Jika tidakdibelikan sepeda motor “takutnya” anak kesayangan ogah-ogahan untuk ke sekolah dengan berbagai macam alasan.

Sebagai salah seorang yang pernah ngalamin jadi pelajar, dengan membawa sepeda motor memang dirasa bisa membawa “nilai plus”. Padahal itu semu. Bagaimana tidak? Dibalik itu ada satu bayang-bayang menyeramkan terkait resiko menggunakan sepeda motor.

Apalagi pada usia pelajar, secara umum mereka belum benar-benar siap menjadi seorang pengendara yang baik. Sebagai contohnya pasti sering kita melihat bagaimana para pelajar berkendara di jalan raya.

Mulai dari gaya riding-nya, perlengkapan keamanan yang sering kali diacuhkan, batasan penumpang yang boleh menaiki sebuah sepeda motor dan lain-lain. Diusia yang masih mencari jati diri, tingkat emosi mereka masih belum benar-benar terkendali.

Saran Bagi Orang Tua

Sebaiknya jangan buru-buru mempercayakan anak kesayangan yang masih pelajar untuk membawa sepeda motor ke sekolah atau menggunakan sepeda motor sendirian, karena sudah banyak contoh bagaimana mereka menjadi korban lakalantas.

Jika ingin mempercayakan sang anak untuk mengendarai sepeda motor, sebaiknya pastikan dia telah benar-benar memenuhi syarat formal, yaitu dengan mengurus dan memiliki Surat Ijin Mengemudi, meskipun itu juga bukan jaminan, tapi setidaknya itu sebagai sertifikat yang menyatakan seseorang telah lulus dan boleh mengendarai sepeda motor. Bukan jaminan keselamatan atau jaminan tidak akan melakukan pelanggaran.

Selalu ingat ada faktor lingkungan sosial mereka di sekolah yang juga akan berpengaruh besar pada bagaimana perilaku sang anak ketika mengendarai sepeda motor. Hal ini berlaku untuk anak laki-laki atau perempuan.

Jika terlanjur atau terpaksa, pastikan orang tua menanamkan tentang pentingnya safety riding dan mematuhi etika yang baik dalam berkendara. – Haimotolink

 – Haimotolink

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *