Riding Siang Atau Malam, Mana Lebih Aman?

niteview

Keselamatan diri dan orang lain adalah sesuatu yang wajib diperhatikan saat kita berkendara. Harus selalu jadi prioritas. Oleh karenanya kita disarankan mengenakan peralatan standar keselamatan, seperti helm, jaket, sepatu, sarung tangan.

Selain peralatan penunjang keselamatan, waktu berkendara juga punya peran penting. Tentunya ada perbedaan saat kita berkendara pada pagi sampai sore hari dengan berkendara pada malam hingga pagi hari.

Ada kelebihan dan kekurangannya. Berkendara pagi sampai sore (kita sebut siang hari) untuk sebagian orang dinilai lebih baik karena :

  • View yang jelas
  • Untuk jalur yang baru bisa lebih mudah dibaca

Tetapi punya kelemahan seperti :

  • Udara panas
  • Lebih banyak debu
  • Jalur cenderung padat

niteriding

Berkendara malam hingga pagi hari biasanya dilakukan pada perjalanan jarak jauh. Perjalanan malam hari tentunya memiliki tantangan tersendiri jika dibandingkan dengan perjalanan siang hari, oleh karenanya pengendara wajib memperhatikan berbagai aspek penting untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Berikut ini hal yang mutlak diwaspadai:

1.Keterbatasan pandangan.
Pada malam hari sudah tentu pandangan mata akan sangat terbatas, apalagi jika melalui jalur yang memang benar-benar sepi, terkadang hanya mengandalkan cahaya dari lampu utama atau dari bangunan yang ada disepanjang jalan

Pada malam hari juga penerangan jalan umumnya sangat minim sehingga jarak pandang menjadi berkurang. Hal ini membuat pengendara menjadi kesulitan mengantisipasi situasi ketika berhadapan dengan kehadiran secara tiba-tiba suatu obyek. Baik itu obyek bergerak ataupun obyek tidak bergerak dijalur yang kita lewati.

2. Silaunya sorotan cahaya lampu
Pada malam hari, kendaraan yang berlawanan arah seringkali menjadi “pengganggu” saat sorotan lampu mengarah pada mata kita. Terlebih jika itu menggunakan lampu jauh. Tentu akan sangat berbahaya, sebab bisa saja kita kehilangan orientasi sesaat.

3. Rasa kantuk dan Lelah
Umumnya tubuh manusia melakukan istirahat pada malam hari. Oleh karena itu, rasa kantuk seringkali menghinggapi pengendara saat riding pada malam hari.

Jika benar mulai dihinggapi rasa kantuk, maka wajib hukumnya untuk berhenti dan istirahat. Jangan paksakan riding dengan menahan rasa ngantuk, karena bisa berakibat fatas yang akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Banyak kecelakaan terjadi karena mengendarai kendaraan bermotor saat kondisi mengantuk atau lelah. Jika hendak riding malam, sebaiknya manfaatkan waktu siang sebelumnya untuk istirahat total, jika tidak akan ada kemungkinan tubuh kita kelelahan yang bisa jadi merusak konsentrasi.

4. Sedikit Variasi Pandangan
Karena keterbatasan pandangan maka riding malam hari tentunya akan terasa monoton, tidak seperti saat siang hari.Hal itu bisa menimbulkan rasa jenuh atau bahkan melamun.

Kelebihan Riding Malam

Kita telah mengetahui beberapa aspek yang perlu diperhatikan saat riging malamhari. Lalu apa kelebihan jika dibanding dengan berkendara pada siang hari? Diantaranya adalah :

  • Jalur lebih lengang
  • Udara terasa lebih senjut
  • Debu dan polusi asap kendaraan tidak sebanyak siang, karena jumlah kendaraan pada malam hari jauh lebih sedikit
  • Bisa lebih cepat sampai tujuan

Demikianlah beberapa point terkait berkendara siang atau malam. Mana yang lebih cocok atau disuka? Tentunya tergantung masing-masing, tapi yang wajib diingat adalah utamakan keselamatan.

 

 – Haimotolink

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *