Perhatikan Fungsi Rem Jangan Paksakan Kampas Rem Yang Habis

Salah satu perangkat vitas dari sebuah sepeda motor adalah rem. Dan saat ini umumnya motor telah menggunakan perangkat rem cakram ( disk brake ) yang memiliki kinerja lebih baik jika dibandingkan dengan rem tromol ( drumb brake ).

Tapi ada satu hal yang perlu kita perhatikan terkait dengan funsi vital rem tersebut supaya bekerja optimal, yaitu pengecekan dan perawatan secara teratur.

Untungnya adalah jika kita secara berkala melakukan service sepeda motor, maka umumnya mekanis juga akan mengecek perangkat pengereman juga. Artinya jika dinilai ada yang perlu diperbaiki maka perbaikan juga dilakukan saat service tersebut.

Salah satu yang paling sering dalam pengecekan dan perawatan rem cakram adalah penggantian kampas rem. Meskipun kampas rem tersebut masih ada, tapi jika mekanik menyarankan ganti, sebaiknya diganti.

Jangan menunggu hingga kampas rem tersebut benar-benar habis. Cirinya adalah adanya suara gesekan logam rem dengan cakram / disk brake. Bisa berdesing ataupun bunyi berdesing, zing… tiap kali kita melakukan pengereman.

Kerugian yang kita alami jika sampai terjadi gesekan logam dengan cakram rem adalah akan terjadi aus pada cakram rem tersebut.

Bahkan kemampuan pengereman bisa berkurang. Seperti yang pernah saya alami ketika solo touring ke Bandung. Kehilangan daya cengkeram rem dan buynyi zing… pada rem depan tapi motor tidak segera berhenti.

Mungkin juga karena track yang dilalui berupa turunan yang lumayan curam, sehingga daya dorong motor plus beban semakin besar. Tapi yang pasti adalah daya cengkeram rem jauh berkurang karena kampas yang habis.

Artinya ketika kampas rem benar-benar habis, keselamatan kita juga bisa jadi taruhannya. Bisa saja kita mengalami rem blong atau crash. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi kita untuk selalu memperhatikan kondisi rem sepeda motor. Karena itu salah satu bagian dari safety riding. – Haimotolink Haimotolink

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *