Istirahatlah Secara Teratur Saat Berkendara Jarak Jauh

Haimotolink – Saya yakin sebagian besar dari kita pernah atau bahkan sering melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor. Banyak yang menyebutnya dengan istilah touring. Menjelajah jarak yang jauh, melalui bermacam medan disepanjang perjalanan. Asyik memang ya?

Bagaimanapun kita harus menyadari tentang perlunya istirahat saat mengendarai kendaraan, termasuk sepeda motor untuk jarak yang jauh. Setiap saat saat berkendara kita dituntut untuk selalu konsentrasi, jangan lengah sedikitpun. Karena itu bisa sangat berbahaya. Jangan cuma mengejar waktu agar cepat sampai tujuan sehingga mengesampingkan safety riding.

Kenapa begitu?

Yang utama adalah untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi prima dan siap untuk menempuh perjalanan jauh. Selain itu, dengan istirahat otot tubuh kita bisa lebih rileks, dan bisa mengembalikan fokus dan stamina.

Ada lagi keuntungan saat kita istirahat, bisa dimanfaatkan untuk sedikit mereview perjalanan ataupun dimanfaatkan diskusi kecil tentang sisa perjalanan yang akan dilakukan. Jangan lupa konsumsi asupan nutrisi untuk tubuh kita.

Saat istirahat kita juga bisa memanfaatkan waktu untuk mengecek kondisi motor kita, kondisi ban, rem, olie, lampu-lampu dan hal lainnya.

Akan lebih baik jika kita sudah punya planing dengan perjalanan yang dilakukan, termasuk waktu istirahat dan lokasi yang dipilih.

Sebaiknya sempatkan istirahat per 2 jam

Tempat  Istirahat

Untuk lebih membuat istirahat kita “berkualitas” sebaiknya kita memilih tempat istirahat yang mendukung. Saya lebih memilih tempat yang teduh dan rindang. Syukur-syukur ada kedai atau warung yang menjual berbagai jenis makanan.

Berapa lama kita istirahat?

Lamanya waktu kita istirahat paling tidak 30 menit – satu jam. Jangan terlalu singkat,  atau terlalu lama. Sedangkan lama perjalanan sebaiknya gak lebih dari 10 jam, karena perjalanan lebih dari 10 jam akan membuat tubuh kita stress dan penat yang tentunya berpengaruh besar pada refleks pengendara.- Haimotolink

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *