Honda Makin Ngeri. Cal Crutchlow Pecahkan Fastest Lap Jerez

MotoGP Jerez kali ini benar-benar menyuguhkan keseruan didalam dan diluar sirkuit. Setelah pergerakan para pembalap diluar sirkuit, kita juga disuguhkan berbagai keseruan di track balap.

Belum lama Marquez memecahkan rekor milik Jorge Lorenzo sejak musim 2015 dengan 1’37.702, belum selang sehari rekor tersebut pecah oleh kecepatan Cal Crutchlow diatas Honda RC213V dengan 1’37.653.

Marquez yang sebelumnya pemegang fastest lap di Jerez kali ini harus puas ada di posisi ke 5 dibawah Jorge Lorenzo, terpaut 0,324 dari Cal Crutchlow di posisi pertama dan Andrea Dovisiozo ada di posisi 8.

Yang menarik adalah Johann Zarco, boleh dibilang memiliki kecepatan dan konsistensi yang baik sejak free practice hingga Q2 ini.

Zarco bahkan memiliki catatan waktu yang lebih baik dibanding dengan pembalap Factory Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinalez. Rossi sendiri harus puas ada di posisi 10 saat penutupan Q2 terpaut 0.614 detik dari Cal Crutchlow, dan Maverick Vinales terlempar dari 10 besar. Doi hanya berada di posisi 11.

Suzuki menghadapi MotoGP Jerez ini sepertinya cukup apik. Mereka bahkan bisa menempatkan dua pembalapnya Alex Rins dan Andrea Ianone di posisi 6 dan 7 Q2. Bahkan di FP4 Ianone dan Alex Rins sempat menduduki posisi tertinggi dengan 1’38.444.

Gap Minimalis

Jika kita amati catatan waktu para pembalap sejak awal, termasuk saat Q2 ini bisa kita lihat bahwa gap yang ada diantara pembalap sangatlah kecil. Bahkan antara pembalap tercepat dan Valentino Rossi di posisi 10 hanya terpaut 0.614 detik.

Artinya adalah balapan akan berlangsung seru dan kencang jika cuaca cerah. Pergantian posisi bisa terjadi karena faktor kesalahan yang dibuat saat balapan berlangsung.

Jadi bisa saja hasil dari Q2 ini nantinya sama sekali berbeda dengan hasil pada saat race. Selain faktor yang sudah kita ulas diatas yaitu human error, ada kemungkinan lain yaitu setingan motor yang tentunya akan ada tuning lanjutan dari tim mekanik terkait perolehan waktu para pembalap. – Haimotolink

 – Haimotolink

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *