Cara Pengereman Motor Matic Saat Lewat Turunan

Skuter Matik

Sepeda motor matic saat ini sudah sangat umum dijumpai, bahkan kehadirannya telah menggeser populasi motor bebek. Karena praktis dalam penggunaannya dan banyak pilihan model dan spek yang cocok dengan selera pengguna membuatnya semakin cepat populasinya bertambah dan mungkin suatu saat nanti akan menggantikan bebek.

Dibalik praktisnya motor matic dalam penggunaannya, ternyata masih ada kekurangan yang umum, terkait pengereman. Khususnya pada jalur turunan. Oleh karenanya sebagai pengendara harus memahami bagaimana mengerem yang baik ketika mengendarai sepeda motor matic saat melewati turunan.

Sistem pengereman sepeda motor matic yang mengandalkan rem depan dan belakang tanpa ada dukungan engine brake seperti pada sepeda motor dengan transmisi manual.

motor matic yamaha soul gt

Kelemahan tersebut seringkali membuat sepeda motor matik kehilangan daya pengereman atau bahkan terjadi rem blong. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut?

Tetap jaga gas, jangan sampai kosong
Usahakan untuk tetap membuka gas saat jalanan menurun sambil mengendalikan kecepatan motor tetap aman.  Jika gas ditutup maka laju motor akan semakin cepat meluncur dan rem akan semakin berat untuk menahan laju motor.

Pengereman
Usahakan posisi jari-jari pada handle bar siap melakukan pengereman. Prioritaskan untuk menggunakan rem depan karena rem depan akan mampu menahan laju akibat daya dorong kedepan lebih baik saat melaju di turunan. Tapi bukan berarti hanya menggunakan rem depan, tetap gunakan rem belakang dengan pergantian yang baik.

Jangan menekan tuas rem terus menerus baik depan maupun belakang karena akan mengakibatkan panas berlebih yang malah bisa berakibat terjadinya rem blong.- Haimotolink

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *