Cara Merawat Ban Tubeless Biar Awet

,
Ban Sepeda Motor

Ban meruapakan salah satu bagian vital pada sepeda motor. Oleh karenanya selaku pengguna sepeda motor wajib hukumnya untuk memahami fungsi dan kinerja ban. Jangan lupakan juga perawatannya supaya ban bisa bekerja maksimal dan bisa lebih awet.

Saat ini kebanyakan sepeda motor sudah menggunakan jenis ban tubeless. Berbeda dengan ban biasa (tube type ) yang menggunakan ban dalam untuk menyimpan angin, ban tubeless tidak menggunakan ban dalam.

Salah satu perawatan yang harus kita perhatikan adalah tekanan angin. Jika tekanan angin kurang dari yang disarankan produsen ban, bisa mengakibatkan ban cepat aus, sepeda motor kurang lincah bahkan bisa berpengaruh pada konsumsi bahan bakar.

Spek Ban

Kenapa? Karena jika tekanan udara kurang maka hampir sem ua bagian dari tapak ban bergesekan dengan aspal, akibatnya ban akan cepat panas dan aus.

Dari pengalaman jika tekanan angin kurang juga berbahaya, khususnya pada permukaan jalan yang tidak rata atau ketika kita berbelok bisa oleng.

Selain itu jangan membawa beban berlebihan yang melebihi beban maksimal yang disarankan. Bisa dilihat pada sisi ban tersebut.- Haimotolink

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *